Identitas Buku
A. Judul Buku : Religion Education and TheologyB. Editor : Norma H.Thompson
C. Halaman : KompilasiGaris Besar Isi :
Bab 4.Black Theology : Suatu Tantangan Terhadap Pendidikan Agama
Tema utama dalam pembahasan ini adalah perkembangan teologi kulit hitam dan implikasinya terhadap dunia pendidikan Kristen. Nilai pemahaman teologi kulit Hitam bagi keseluruhan pendidikan agama adalah memberikan suatu wawasan teologis dari prespektif kulit hitam kepada pencarian kebenaran kontemporer dalam injil. Teologi kulit hitam adalah merupakan penafsiran sistematik terhadap makna dan signifikansi dari iman Kristen terhadap penyembahan, kesaksian dan proklamasi komunitas Kristen orang kulit hitam sehingga dalam teologi ini kabar Injil dimengerti sebagai suatu pembebasan, dimana Yesus sendiri sebagi sang pembebas. Black teologi mengejawantahkan pengalaman bersama dengan Allah melalui ekspresi penyembahan komunitas kulit hitam, penyatuan seluruh orang percaya kulit hitam, simbolisasi Yesus sebagai Kristus kulit hitam yang mengingatkan betapa berharganya orang-orang kulit hitam dihadapan Allah, dan bukan hanya itu, black teologi juga merupakan suatu teologi politis.
Implikasi perkembangan teologi kulit hitam dan teologi pembebasan terhadap pendidikan adalah adanya suatu tugas untuk mengakulturasikan refleksi teologis dengan suatu proses dengan mengekspose struktur perbudakan untuk mengembangkan teknik-teknik bagi kebebasan, dan memberikan struktur terhadap nilai-nilai pengalaman kaum kulit hitam untuk membangun suatu komunitas bagi umat Allah.
Bab.5. Sumber Otentik Pengajaran Agama
Pada bagian ini penulis menjelaskan secara sistematis pembahasan yang berkaitan dengan pengertian agama, hubungannya dengan teologi, pendidikan, hubungannya dengan intruksi, dan implementasinya dalam intruksi keagamaan/pengajaran keagamaan.
Beberapa isu dasar berkaitan dengan hubungan religious intruction dengan theologi juga dibahas secara sistematis misalnya teologi sebagai pendekatan makrotheoritical dalam pengajaran agama. Berkaitan dengan penilain terhadap pengajaran keagamaan dijelaskan pula enam komponen dasar penilaian. Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa pengajaran Kristen sangat dipengaruhi oleh teologi, sehingga penulis juga berusaha menjabarkan teologi pengajaran agama, terutama berkaitan dengan penggunaan teori theology dalam pengajaran keagamaan, beberapa metode disoroti secara tajam dari sudut pandang teologi Kristen dan pada bagian akhir pembahasan diarahkan untuk menjawab ertanyaan tentang dimana seharusnya Roh Kudus ditempatkan dan berperan sebagai apa dalam suatu pengajaran keagamaan.
Bab.6. Pengalaman Nyata Bersama : Seputar Mimpi Yang Mustahil
Pembahasan Lawrence O Richards mengarahkan pembaca kepada pemahaman yang mendasar terhadap kekristenan, baik yang menyangkut pemahaman teologis maupun bibliologis dan implikasinya terhadap pendidikan Kristen, bahwa pendidikan Kristen diarahkan oleh pemahaman alkitabiah tentang penyataan Allah, sehingga Alkitab adalah sumber pembelajaran, pengarah pembelajaran dan sekaligus sebagai penentu/hakim bagi pendidikan Kristen. Penulis juga memberikan suatu wawasan bahwa pengalaman, di satu sisi sebagai backgroud pembelajaran pribadi, namun disisi lain juga dipakai Allah untuk menyatakan sesuatu maksud, sehingga pendidikan haruslah mengarahkan pembelajaran kepada pengalaman bersama yang intim antar pribadi, maupun antar pribadi dengan Tuhannya. Jadi sebagaimana budaya dan komunitas sekitar kita turut mempengaruhi Pendidikan, seharusnya melalui hal ini kita harus berani mengarahkan segala usaha untuk mengapai sebuah visi berdasarkan penyataan Allah melalui iman untuk kehidupan komunitas bersama yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar